Kitab : Bagaimana Menyentuh Hati

Image

Judul : Bagaimana Menyentuh Hati (Kiat-kiat Memikat Objek Dakwah)
Penulis : Abbas As-Siisiy (generasi pertama hasil didikan Asy-Syahid Hasan Al-Banna
Bahasa : Bahasa Indonesia

Sedutan isi kandungan :

1) Tugas seorang da’i seperti tugas seorang pengajar dan dokter yang akan membeikan obat sesuai dengan penyakit yang diderita oleh pasiennya. Tidak masuk akal kalau semua pasien diberi obat yang sama, karena penyakit mereka tentu berbeda-beda satu sama lain.

Pengajar dan dokter adalah da’i yang PALING SUKSES jika mereka bersedia melakukan pekerjaan itu dengan didasari keimanan kepada Allah dan untuk menegakkan agama-Nya. Didasari oleh alasan inilah, para misionaris dalam memerangi dunia Islam MEMUSATKAN PERHATIAN mereka pada universitas-universitas dan rumah-rumah sakit, serta menyalurkan berbagai bentuk bantuan.

2) Saya tidak tahu perasaan apa yang bergelanyut di dalam hatimu setelah engkau membaca tulisan ini, karena titik berat pembahasan pada tulisan ini ditujukan pada hati dan perasaan.

Methode dakwah seperti ini sangat mungkin TIDAK DUSUKAI oleh da’i-da’i yang ingin CEPAT-CEPAT memetik buah dari dakwah mereka. Padahal kalau benar-benar mau memperhatikan, maka akan dijumpai bahawa semua gerak kehidupan ini harus dijalani dengan SABAR dan BIJAKSANA, baik itu yang berkaitan dengan bisnis atau belajar mengajar. Jika demikian, mengapa kita melupakan sunnatullah itu tatkala mengemban tugas dakwah?

3) Kebanyakan putra-putra Shahwah Islamiyah (kebangkitan Islam) HIDUP MANJA, lebih mengutamakan aktivitas dakwah di kelas-kelas, dan membatasi amal islami pada studi-studi, halaqah-halaqah, dan seminar-seminar dengan biaya besar.

Mereka terbiasa dengan konsep pendidikan Kahfi yang memproduk seseorang menjadi warga negara yang baik, tetapi PASIF, tidak bergerak dan berkreasi kecuali kalau ada instruksi. Ini adalah bentuk penyimpangan yang jelas dalam aplikasi konsep tarbiyah islamiyah kita. (Ustadz Jarrah Sulthoni, Al-Jazair)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: